kotabontang.net - Di era modern seperti sekarang ini, melayani pelanggan tidak lagi hanya dilakukan lewat dunia nyata namun juga dunia maya. Operator telekomunikasi pun sudah memanfaatkan media sosial sebagai sarana melayani pelanggan.
Situs Socialbakers.com mendata akun-akun Twitter paling responsif di dunia selama periode kuartal empat (Q4) 2014. Dan ternyata, akun Twitter @Telkomsel didapuk sebagai akun paling responsif di dunia pada periode tersebut. Untuk Facebook, akun Facebook Telkomsel berada di urutan kelima sebagai akun paling responsif di dunia, naik 1 peringkat dari kuartal sebelumnya.
Selama Q4 2014, akun Twitter @Telkomsel memberikan sebanyak 25,220 respon terhadap mention pelanggan, sedangkan akun Facebook Telkomsel memberikan sebanyak 11,536 respon. Saat ini akun Twitter dan Facebook @Telkomsel memiliki lebih dari 500.000 followers.
"Sebagai perusahaan yang ingin memberikan pengalaman mobile digital lifestyle terbaik kepada pelanggan, Telkomsel terus memperkuat layanan pelanggan di channel digital, khususnya media sosial", kata Vice President Customer Care Management Telkomsel, Andri Wibawanto dalam keterangannya, Rabu (18/2/2015).
Menurut Andri, merespon pelanggan sangat penting karena ini menunjukkan bahwa perusahaan mau mendengar berbagai masukan dari pelanggan, untuk kemudian ditindaklanjuti dan diselesaikan permasalahannya. Dengan begitu pelanggan semakin loyal.
Akun layanan pelanggan di media sosial dianggap sebagai solusi yang cukup efektif. Saat ini Telkomsel memiliki lebih dari 100 orang officer yang bertugas 7 x 24 jam untuk memberikan respon dalam melayani pelanggan di media sosial.
Akun media sosial Telkomsel difungsikan sebagai layanan pelanggan, dan media komunikasi/informasi seputar terkait produk, layanan, teknologi, mapun berita-berita baru lainnya tentang Telkomsel.
Telkomsel saat ini memiliki beberapa akun resmi perusahaan, yaitu: di Twitter melalui @Telkomsel, @simPATI, @Kartu_As, @kartuHalo, @telkomselflash, dan @LOOP_ID, sedangkan di Facebook melalui facebook.com/Telkomsel, facebook.com/simPATI, facebook.com/KartuAs, facebook.com/telkomselflash. Untuk Youtube bisa melalui youtube.com/telkomsel, serta Instagram dengan menggunakan identitas @simPATI.
-tekno.liputan6.com-