kotabontang.net - Penggunaan internet saat ini semakin berkembang, hamper seluruh lapisan masyarakat menggunakan internet untuk ememenuhi kebutuhan sehari-hari, baik itu sebagai sarana media sosial ataupun sekedar pengetahuan. Hal itu menumbuhkan bagi para pebisnis untuk memanfaatkan peluang membangun bisnis secara online, bisnis online memang lebih murah di banding membangun bisnis secara konvensional. Selain itu, banyak pula keuntungan yang bisa diperoleh, misalnya dapat menjangkau calon konsumen yang lebih luas.
Ardyanto Alam dan Ignatius Untung dari Kaskus Network pun ingin berbagi pengalaman mengenai pemasaran barang secara online atau lebih dikenal sebagai e-commerce. Di ranah ini, ada empat model e-commerce, yakni e-commerce private website, e-commerce classified, e-commerce group buying dan e-marketplace.
Untung berpendapat, tiap bisnis punya karakter masing-masing. Meski demikian, hal terpenting dalam e-commerce adalah, penjual harus mengekspose barang jualannnya seperti beriklan di situs. Kemudian, penjual bisa membangun komunikasi yang baik dengan pembeli.
Setelah itu, penjual bisa mulai melakukan branding secara konsisten, misalnya dimulai dari logo dan rancangan warna pada flyer promo saat beriklan. Rancangan iklan yang menarik dan konsisten dapat membuat calon konsumen mengetahui dengan cepat promo suatu brand.
Ini merupakan salah satu cara promosi supaya barang jualan bisa lebih terekspos. Selain hal tersebut, menurut Untung, menarik margin juga bisa dilakukan dengan membeli bahan baku yang lebih murah kemudian menaikan harganya sesuai layanan yang bagus.
Ardy menambahkan, sebaiknya foto yang digunakan untuk berjualan harus terlihat bagus dan asli. Selain itu, tulis deskripsi penjualan serta harga untuk meyakinkan calon konsumen.